Periksa Ciri-Ciri Rumah Sehat Pada Rumah Anda

Memiliki rumah adalah dambaan setiap orang, namun tahukah Anda apakah rumah Anda termasuk dalam kategori rumah sehat atau bukan? Ya rumah menurut UUD RI No. 4 Tahun 1992 adalah struktur rumah fisik yang terdiri dari ruangan, halaman dan area sekitarnya yang dipakai sebagai tempt tinggal sarana pembinaan keluarga.

Periksa Ciri-Ciri Rumah sehat Pada Rumah Anda

Sedangkan definisi rumah sehat adalah bangunan tempat untuk berlindung dan beristirahat serta sarana pembimbingan pada keluarga yang mampu menumbuhkan kehidupan sehat secara mental, sosial dan fisik, sehingga menghasilkan anggota keluarga dapat bekerja secara produktif.

Mengapa rumah harus sehat? Ya, hal ini karena rumah dijadikan sebagai tempat tinggal dan beristirahat setia anggotanya. Jika rumah tidak sehat maka akan ada banyak penyakit yang bisa muncul di rumah.

Terutama untuk kesehatan fisik, rumah yang tidak sehat bisa dilihat dari penyediaan air bersih yang kurang serta lingkungan yang kumuh. Untuk itu perlu menjaga rumah agar tetap sehat meskipun rumah tersebut sederhana.

Rumah sehat sangat penting sebelum rumah tersebut ditinggali, pasalnya hal ini berkaitan dengan lantai yang akan diinjak, makanan yang akan di makan, tempat yang akan ditiduri dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri rumah sehat agar Anda dapat menciptakan rumah yang sehat bagi keluarga.

Adapun ciri-ciri rumah sehat adalah sebagai berikut.

1. Sumber air

Sumber air sangat penting dalam rumah sehat. Apalagi sumber air bersih, hal ini karena setiap manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup, baik untuk dikonsumsi, mandi atau keperluan lainnya.

Oleh sebab itu, wajib hukumnya bagi setiap anggota keluarga harus memiliki air sebanyak 60 liter setiap harinya. Jika seluruh anggota keluarga memiliki jumlah air tersebut dalam satu rumah, maka rumah tersebut sudah masuk dalam kategori rumah sehat.

2. Sirkulasi udara

Rumah yang sehat memiliki sirkulasi udara yang baik, seperti pemasangan banyak ventilasi di rumah sehingga udara yang masuk ke rumah bisa maksimal. Selain itu, rumah juga tidak akan terasa pengap karena kekurangan udara.

Ketika rumah memiliki sirkulasi udara yang baik maka udara tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada rumah yang lembap. Selain itu kualitas udara yang segar juga sangat baik bagi penghuninya.

3. Pembuangan

Setiap rumah wajib memiliki saluran pembuangan masing-masing, saluran pembuangan harus lancar dan tidak tersumbat. Hal ini karena saluran pembuangan yang tidak lancar bisa menyebabkan bau yang sangat menyengat, selain itu saluran pembuangan yang tidak lancar juga bisa menjadi sarang penyakit.

Oleh sebab itu untuk rumah sehat harus memiliki saluran pembuangan yang lancar dan tidak tersumbat. Namun ada banyak orang yang tidak sadar bahwa saluran pembuangan sangatlah penting, di daerah perdesaan contohnya masih banyak orang yang membuang hajat di kolam-kolam ikan dan tentunya itu tidak sehat.

4. Lingkungan rumah

Memiliki rumah sehat juga bisa dilihat dari lingkungan yang ada di sekitar rumah. Untuk rumah sehat maka lingkungan harus bersih dan sehat, misalnya tidak berada di bantaran kali, dekat pembuangan sampah atau hal-hl kumuh lainnya yang bisa mendatangkan penyakit. Oleh sebab itu penting sekali dalam memilih rumah memperhatikan lingkungan sekitar.

5. Kebersihan rumah

Kebersihan rumah juga mampu menjadi tolak ukur apakah rumah tersebut sehat atau tidak. Rumah yang sehat pasti kebersihan rumahnya terjaga, dimulai dari lantai yang selalu bersih hingga seluruh ruangan dan barang-barang yang bersih.

Oleh sebab itu, untuk menciptakan rumah yang sehat kebersihan rumah harus selalu di jaga dengan rajin-0rajin membersihkan rumah secara rutin.

6. Pembuangan sampah

Untuk ciri-ciri rumah sehat yang satu ini harus ada pada setiap rumah, ya ini berkaitan dengan sampah. Rumah yang sehat pasti memiliki pembuangan sampah yang sudah teratur. Yaitu antara limbah cair dan padat harus dipisah. Selain itu antara limbah yang kering dan basah juga di pisah, limbah organik dan an-organik juga dipisah.

Dengan begitu maka pemilik rumah dapat mengelola sampah kembali sehingga sampah yang akan dibuang ke tempat pembuangan umum merupakan sampah yang sudah tidak memiliki manfaat.

Bisa dilihat di atas ada beberapa ciri-ciri rumah sehat yang perlu diperhatikan. Coba periksalah rumah Anda apakah sudah termasuk dalam kategori rumah sehat atau belum. Jika sudah maka pertahankan, jika belum maka ubahlah rumah menjadi rumah sehat. Hal ini bertujuan agar setiap anggota keluarga dapat hidup sehat.