Tips Sukses Merencanakan Keuangan Beli Properti Agar Target Terwujud Dengan Cepat

Membeli properti membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga harus direncanakan sejak jauh-jauh hari. Anda harus memiliki target berapa biaya yang akan dicapai untuk membeli properti idaman.

Tips Sukses Merencanakan Keuangan Beli Properti Agar Target Terwujud Dengan Cepat

Mungkin Anda masih bingung bagaimana caranya agar target tersebut bisa terwujud, nah berikut ini akan disajikan informasi mengenai merencanakan keuangan beli properti yang khusus disajikan untuk Anda.

1. Tetap fokus

Fokuslah dengan tujuan yang akan dicapai karena akan ada banyak sekali godaan yang menghampiri ketika di tengah jalan. Banyak orang hanya fokus untuk menabung saja tidak fokus untuk membeli properti sehingga ketika uangnya sudah terkumpul lumayan banyak, tergiur untuk membeli barang yang lain seperti tas, sepatu, dan lain sebagainya.

Tentu hal tersebut akan membuat uang Anda semakin menipis dan target tidak bisa dicapai tepat dengan waktunya.

Kuatkan tekad Anda untuk menabung dengan tujuan membeli properti bukan yang lainnya. cobalah tahan hawa nafsu Anda untuk tidak membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan. Merencanakan keuangan beli properti harus dilakukan sejak sekarang agar Anda semakin cepat mendapatkan properti idaman.

2. Rencana dan timeline

Mulailah survey harga properti dan tentukan pilihan properti seperti apa yang akan dipilih. Anda bisa mencari referensinya dengan menghadiri pameran properti, mencari tahu lewat internet, ataupun berkunjung ke agen properti yang terpercaya.

Di tempat tersebut, Anda bisa mengetahui berbagai jenis properti dan juga harga yang ditawarkan sehingga Anda lebih mudah dalam melakukan perencanaan serta jangka waktu untuk mencapai target tersebut.

Setiap developer memiliki kebijakan tersendiri dalam hal pembayaran, Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tak perlu ragu lagi untuk mengumpulkan uang demi mendapatkan properti karena memiliki properti dengan hasil keringat sendiri merupakan pencapaian yang membanggakan dan menjadikan Anda lebih mandiri.

3. Targetkan DP

Mulailah menabung untuk membayar DP-nya terlebih dahulu. Anda bisa menyisihkan uang sebesar 30% dari gaji per bulan untuk ditabung. Waktu yang ditargetkan jangan lebih dari 2 tahun agar target membeli properti dapat tercapai dengan segera.

Selain menabung, Anda juga harus menyiapkan keperluan yang lainnya seperti biaya pajak, peningkatan kredit, dan juga administrasi yang lainnya.

Jadi, lebih baik jangan terlalu lama dalam mempersiapkan DP karena kebutuhan Anda akan semakin meningkat setiap harinya.

4. Kuatkan mental

Kuatkanlah mental Anda untuk menghadapi persoalan yang akan menghampiri di kemudian hari, misalnya saja dengan memiliki budget yang terbatas maka Anda harus membeli properti yang jauh dari kota sehingga lebih jauh untuk menjangkau tempat kerja Anda.

Hal tersebut bukanlah masalah yang berarti bagi Anda karena ada alternative lain jika Anda ingin berhemat yaitu dengan menggunakan transportasi umum yang semakin diperbaiki oleh pemerintah seiring dengan berjalannya waktu.

Perhatikan pula perkembangan transportasi di kemudian hari, dengan canggihnya teknologi saat ini maka bukan hal yang tidak mungkin jika dalam beberapa tahun ke depan akan dibuat sebuah revolusi berupa transportasi cepat.

Namun, Anda perlu mengenali wilayah tersebut apakah pembangunan insfrastrukturnya semakin berkembang setiap tahunnya ataukah jarang sekali terjadi pembaharuan infrastruktur.

Jika memang daerah tersebut dirasa merugikan bagi Anda, maka merencanakan keuangan beli properti yang harus diambil adalah dengan menambbah lagi pundi-pundi uang untuk membeli properti di daerah yang tidak terlalu dekat dengan perkotaan.

5. Cari alternatif lain

Untuk mengatasi kekurangan biaya dalam pembelian properti, maka Anda bisa mencari solusi yang tepat yaitu meminjam uang orang tua, sahabat, kerabat, ataupun yang lainnya. Hal ini lebih tepat dibandingkan dengan meminjam uang di bank yang membuat Anda harus membayar bunganya juga.

Namun, Anda harus memiliki komitmen untuk mencicil uang tersebut karena biasanya akan terjadi kerusakan hubungan jika Anda melakukan ingkar janji. Jadi, selain fokus pada target yang dituju, Anda juga harus fokus pada mencicil hutang.

6. Simpan THR dan bonus

Jangan sia-siakan uang THR dana uang bonus Anda karena keduanya dapat digunakan untuk menambah tabungan membeli properti. Simpan THR dan bonus sebanyak 50% untuk ditabung dan sisanya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Kurangi waktu untuk liburan ataupun berjalan-jalan dengan teman Anda terlebih dahulu, fokuslah untuk menabung membeli properti karena ini penting untuk masa depan Anda. Jadi, Anda memang harus benar-benar ngirit atau hemat. Namun, hematnya jangan yang terlalu ekstrem, jangan sampai kebutuhan pokok Anda menjadi terganggu.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk merencanakan keuangan beli properti? lebih cepat tentu lebih baik karena Anda bisa mendapatkan properti dengan waktu yang lebih cepat.

Segera lakukan perencanaan mulai dari sekarang dan carilah referensi mengenai properti serta harga yang ditawarkan. Agar Anda tidak bingung, bisa berkonsultasi dengan agen properti yang terpercaya ataupun berkonsultasi dengan teman Anda yang sudah pernah membeli properti. Tak perlu risau karena tips di atas bisa Anda coba untuk mencapai target Anda.